Tandai 32 Tahun Berkarya Yusman Gelar Pameran Tunggal

AgendakuID (19/12/17), Yusman, salah satu seniman kawakan Indonesia, akan menggelar pameran tunggal bertajuk Menandai Indonesia. Pameran ini sekaligus menandai perjalanan seninya selama 32 tahun. Yusman akan menampilkan tokoh-tokoh sejarah Indonesia yang diukir dalam sebuah patung.

Seniman kelahiran Padang 12 November 1964 ini karya-karyanya telah tersebar dari Sabang sampai Merauke, menjadi monumen dan 17 kali diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia. Yusman dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuat enam buah patung Presiden Indonesia dengan bahan perunggu untuk dipajang Istana Kepresidenan Bogor. Kini dipercayai sebagai pembuat patung Garuda dalam bentuk 3 dimensi yang akan dipasang di 6 titik wilayah terluas perbatasan Indonesia.

Pameran ini akan diselenggarakan pada 20 Desember 2017 hingga 10 Januari 2018 di Jogja Gallery dan Alun-alun utara Yogyakarta. Yusman percaya bahwa sejarah dapat diwujudkan melalui berbagai cara, salah satunya melalui patung.

“Lewat patung, kita dapat mengetahui secara fisik kondisi tokoh atau peristiwa pada saat itu,” kata Yusman. Patung ini dapat menjadi ilustrasi bagi anak-anak dan generasi muda mengenai tokoh dan peristiwa yang saat itu terjadi. Pameran ini juga merupakan wujud nyata peran Yusman sebagai seniman, yang tidak hanya mementingkan komersil, tetapi juga memiliki andil untuk kemajuan bangsa.

KRMT Romo Indro Kimpling, SH selaku Direktur Eksekutif Jogja Gallery menyebutkan bahwa karya patung dan monumen publik milik Yusman, tidak semata-mata sebagai patung realis dan kontemporer seperti pada umumnya. Namun, karya-karya tersebut juga menjadi pengingat atas perjuangan bangsa Indonesia. Sosok ekpresi yang muncul dari wajah-wajah patung dapat memberi peringatan kepada masyarakat mengenai bagaimana seharusnya berjuang untuk bangsa.

You May Also Like