Serukan Nasionalisme Lewat Seni Ikatan Keluarga ALUMNI Lemhannas (IKAL) Gelar Bedah Buku

AgendakuID (19/12/17), Ikatan Keluarga ALUMNI Lemhannas (IKAL) RI Komisariat DIY bekerjasama dengan Komando Resort Militer (KOREM) 072/Pamungkas mengadakan serangkaian acara untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam rangka mempertingati Hari Juang Kartika 2017.

Rangkaian acara dalam peringatan ini, meliputi Bedah Buku Soedirman: The Great Genuine General dan Pameran Tunggal Restrospeksi Yusman; Menandai Indonesia. Bedah buku akan digelar di Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Soedirman pada Rabu (20/12/2017) pukul 15.00. Sedangkan, Pameran Tunggal Restropeksi Yusman; Menandai Indonesia akan digelar di Jogja Gallery dan sebagian area Alun-Alun Utara Yogyakarta pada 20 Desember 2017 hingga 10 Januari 2018 mendatang.

Baca Juga : Tandai 32 Tahun Berkarya Yusman Gelar Pameran Tunggal

Buku Soedirman: The Great Genuine General karya (alm) Bugiakso dan Nining Tedjaningsih (Cucu Panglima Besar Jenderal Soedirman), diharapkan mampu menginspirasi bangsa Indonesia melalui perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dan pasukannya dalam meraih nilai-nilai kemerdekaan yang sesungguhnya.

Menurut Ketua IKAL Komisariat DIY, Sugiyanto Harjo Semangun, bedah buku dan pameran seni patung ini diselenggarakan karena adanya keprihatinan IKAL atas degradasi nasionalisme kebangsaan di kalangan generasi bangsa. “Saat ini tatanan dan tuntunan sudah ada, namun tontonan untuk menumbuhkan jiwa
nasionalisme yang masih kurang,” tegas Sugiyanto, dalam keterangan pers yang diterima redaksi.

Rangkaian acara yang akan dibuka oleh Gubernur DIY dan Wakil Gubernur Sumatera Barat ini, melibatkan 150 peserta meliputi sejarawan, akademisi, Jenderal Soedirman Center, seniman Sakato, komunitas Djogjakarta 1945, dan Bhumi Atala Dwipa. Selain itu, acara ini juga akan dihadiri langsung oleh Ir. Muhammad Teguh Bambang Cahyadi Soedirman selaku putra Panglima Besar Jenderal Soedirman. Untuk menambah kemeriahan acara, pasukan berkuda dan andong akan berpawai dari Museum Sasmitaloka menuju Jogja Gallery.

You May Also Like