Museum Keris Akan Dibuka Untuk Umum Bulan Maret

AgendakuID (10/02/17), Museum Keris satu-satunya di Indonesia akan segera dibuka untuk umum. Setelah sebelumnya diberitakan mengalami keterlambatan teknis dalam pembangunannya, Pemkot Solo memastikan meresmikan pembukaannya pada bulan Maret 2017 mendatang.

Dilansir dari Solopos, sekitar 3oo-an bilah keris diserahkan dari para kolektor yang dihibahkan untuk Museum Keris. Keris-keris tersebut kemudian diinventarisasi oleh tim kurator sebelum dipamerkan. Pemkot sengaja menggandeng kolektor untuk bisa mendapatkan koleksi keris yang dipamerkan disini.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menargetkan Museum Keris satu-satunya di Indonesia itu bisa diresmikan pada Maret. Rudy hanya berharap bisa secepatnya dibuka untuk umum. Karena tempat ini akan menjadi destinasi wisata baru yang berfungsi sebagai media pendidikan bagi anak-anak.

Para generasi penerus bangsa bisa mendapatkan pengetahuan tentang keris dan cara pembuatan keris. “Museum ini juga akan dilengkapi sarana edukasi tentang asal-usul dan pembuatan keris,” ujarnya.

Selain itu museum ini akan menerima artefak keris dari Belanda. Saat ini, Pemkot masih menunggu kepulangan artefak keris dari Negara Kincir Angin tersebut.

You May Also Like