Berbagai Festival di Provinsi Jambi Sepanjang Tahun 2017

kompasiana.com
kompasiana.com

AgendakuID (27/12/16), Tahun 2017 tinggal beberapa hari lagi, agendakan untuk berlibur menikmati destinasi menarik di Provinsi Jambi dan melihat seragkaian festival yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di provinsi ini. Ini dia beberapa festival dan event yang akan berlangsung di Jambi sepanjang tahun 2017 mendatang.

Festival Gentala Arasy

Festival yang diselenggarakan di ikon Kota Jambi, yaitu Jembatan Gentala Arasy ini, akan menghadirkan pemecahan rekor MURI yaitu pembakaran jagung terbanyak, juga pelepasan ribuan balon dan pertunjukkan beragam budaya. Festival Gentala Arasy yang diselenggarakan pada 27-28 Januari 2017 dilaksanakan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat Jambi terhadap keragaman seni budaya di Provinsi Jambi, serta mewujudkan karya kreatif yang berdaya saing untuk meningkatkan wisatawan ke Provinsi Jambi.

Batanghari Jazz Festival

Batanghari Jazz akan diadakan secara unik di atas Sungai Batanghari dengan lanskap ikon Kota Jambi yaitu Gentala Arasy. Acara ini diprediksi hadir pada September 2017 dengan mendatangkan musisi-musisi jazz dalam negeri. Pembukaannya akan megah diawali pertunjukan kesenian Jambi di atas perahu.

Festival Budaya Kerinci

Di kaki gunung api tertinggi di Indonesia ini, wisatawan akan melihat kekayaan seni di Jambi melalui parade seni budaya Kerinci. Penari-penari tradisioal dari seluruh desa/kecamatan di Kabupaten Kerinci akan menampilkan tarian mereka di area Danau Kerici. Festival ini direncanakan pada Juli 2017 mendatang.

Festival Geopark Merangin

Geopark Merangin merupakan area Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang relatif terjaga. Di dalam kawasan ini terdapat cukup banyak peninggalan fosil kayu, tumbuhan, serta kerang-kerangan yang membatu di gunung purba. Festival ini akan diisi dengan kegiatan arum jeram geopark, expo budaya Merangin, expo potensi daerah, lomba atraksi seni dan pertunjukan atraksi seni.

Merangin Flower Festival

Masih di Geopark Merangin, kali ini yang akan dipromosikan adalah Taman Bunga Hesti’s Garden melalui Merangin Flower Festival. Taman bunga ini akan diramaikan oleh pertunjukan tari tradisional, serta karnaval yang menampilkan busana bertema bunga-bunga. Di samping itu, pengunjung juga diarahkan terlibat dalam festival dengan menanam bibit bunga di Hesti’s Garden.

Jambi Marathon 20K

Jambi Marathon 2017 akan mengambil titik start di Jembatan Gentala Arasy menuju Candi Muaro Jambi, sehingga para pelari akan mendapatkan hadiah keindahan lintas alam di Provinsi Jambi. Kompetisi lari ini tidak hanya menargetkan pecinta lari lokal maupun nasional, namu juga pelari-pelari dari mancanegara.

Sumber : Pesona Indonesia

You May Also Like